Jumat, 25 Juli 2008

Total Quality Management

Total Quality Management merupakan suatu pengelolaan terhadap seluruh kegiatan dalam organisasi dengan memaksimumkan kinerja dalam organisasi melalui perbaikan secara berkelanjutan terhadap mutu, produk, pelayanan, SDM, dan proses, sehingga kebutuhan / kepuasan pelanggan dapat terpenuhi.

Menurut teori, terdapat berbagai dimensi pengukur suatu perusahaan dapat di katakan telah menerapkan TQM seperti : performance, features, reliability, conformance, durability, service ability, aesthetics, maupun dari perceived quality. Namun pada hakikatnya akan kembali pada tujuan dari implementasi TQM tersebut, yakni KEPUASAN PELANGGAN.

Pemenuhan kepuasan pelanggan tentu saja harus di dahului dengan identifikasi kemauan / minat pasar, selanjutnya adalah perumusan strategi bagaimana memenuhi harapan pelanggan, implementasi strategi tertuang dalam suatu proses kerja dan partisipasi seluruh komponen perusahaan secara komprehensif.

Proses improvisasi merupakan hal paling mendasar dalam suatu konsep TQM, sebab improvisasi menentukan kualitas produk yang akan memenuhi kebutuhan konsumen yang selalu berubah-ubah

Tidak ada komentar: